Saturday, May 5, 2018

PENGALAMAN MENGIKUTI TES REKRUTMEN MEDICAL REPRESENTATIVE KALBE FARMA

haaaii guyssss, udah lama nih saya gak nulis blog, jadi kangen deh.. #ceilehh :p
kali ini saya akan share pengalaman pribadi waktu tes seleksi masuk kerja di PT.  Kalbe Farma Tbk, lebih spesifiknya di posisi Medical Represenrative (MR/MedRep)...
oiya, pembaca udah pada tahu perusahaan ini apa belum?
ahhh,, pasti udah pada tau yaa, secara kan Kalbe Farma ini merupakan perusahaan yg besar dan terkenal di Indonesia :) 
ahhh cukuplah basa basinya, dari pada pembaca keburu bosan :D oke dehh langsung aja yaa, cekidooottt...

pengalaman saya nih masih tergolong fresh banget dari waktu penulisan konten ini...
jadi gini, awalnya saya mengikuti job fair di uns surakarta pada tanggal 3 mei 2018. dievent tersebut saya coba-coba melamar di tiga perusahaan yg berbeda, salah satunya ya kalbe farma ini sobat.
okelah, setelah saya selesai drop CV dibooth nya, kemudian ane pulang ke rumah.  pada hari yg sama itu, sorenya saya dapat sms dari pihak kalbe, kalau saya diundang untuk mengikuti serangkaian tes untuk menjadi pegawai pada posisi MedRep pada tgl 4 mei 2018, berarti sehari setelah drop CV yak :o jujur aja sobat, saya gak paham tentang seluk beluk posisi ini, secara kan background pendidikan saya peternakan :D
okelah, dengan perasaan tanpa asa, saya tetep datang untuk mengikuti proses seleksi pada hari yg sudah dijadwalkan tadi.  jadi rangkaian proses seleksi yg saya alami sperti ini sobat:
1. jam 8 pagi kita mulai tes psikotes tahap 1 yg meliputi tes wartegg (bukan warung tegal lho ya :p), tes gambar pohon, tes gambar manusia.  setelah pengerjaan selesai, selang 10 menit diumumin hasilnya.  alhamdulillah ane lolos :)
2. nah setelah itu lanjut tes psikotes tahap 2 yg meliputi tes deret angka, logika kata, logika gambar, tes koran, dan beberapa tes lagi, saya lupa soalnya :D..  setelah selesai mengerjakan, peserta disuruh istirahat dulu sambil menunggu hasilnya, kan capek ya kalo mikir terus dari jam 8-12 siang :((( nah, kebetulan harinya hari jumat, jadi saya langsung sholat jumat di masjid kampus ini dan juga lanjut makan siang.  jujur aja gan, saya gak yakin lolos di tes tahap 2 ini, soalnya tes koran saya cuma ngerjain 1,5 halaman, padahal peserta di deket saya udah pada ganti kertas kerja baru :(((... setelah jam 1.15 siang, seluruh peserta dipersilahkan masuk ruangan kembali untuk pengumuman hasil tes tahap 2. amazing dah, saya bisa lolos dari tahap ini :)))
3. okela saya lanjut tes tahap 3. tesnya adalah forum group discussion (FGD), perkelompok diisi 6 anggota.  you know gan, ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti tes FGD :( disinilah saya merasa pesimis untuk kedua kalinya dalam satu hari :D
tapi karna doa orang tua dan ridhlo allah, saya mengakhiri pengalaman pertama FGD dengan hasil lolos :))  thanks to god and mom :* πŸ™
4. lanjut tes tahap 4 gan, tesnya interview HRD kali ya :p wah di tahap ini saya merasa kurang beruntung gan, soalnya saya merasa spesial karna interviewer saya 2 orang, padahal peserta lain cuma 1 orang :( untungnya kedua ibu nya baik, gak nakalin saya :p disitu saya dicecar (ceileh)  banyak pertanyaan seputar kehidupan pribadi dan pengalaman kerja sebelumnya, saya pun cuma bisa jawab dengan polos dan jujur :p :D
nah, tibalah pengumuman tahap ini, ternyata keberuntungan saya masih berlanjut, saya dapat lolos :)))
5. setelah itu, peserta yg lolos diminta masuk keruangan, disitu kita semua disuruh menghafal 10 istilah latin di dunia farmasi dalam waktu 3 menit, setelah itu kita disuruh menulis ulang 10 istilah tersebut dalam waktu 6 menit.  disinilah saya merasa pesimis untuk kesekian kalinya dalam 1 hari :'( soalnya kan kemampuan ingatan saya kurang kuat :( maklum, kebanyakan mikir negara :D oiya, ditambah lagi disuruh ngerjain formulir untuk mengetahui karakter pribadi kita (paling sesuai/paling tidak sesuai) dan diakhiri dengan foto bersama. dan juga dipresentasiin all about pekerjaan MedRep dan gajinya.

tesnya bersambung disini dulu gan #/&$%*
naaahh, ternyata setelah sesi tersebut, peserta yg lolos untuk mengikuti proses medical check up akan diumumin via all sosmed kalbekarir.  katanya sih, tes kesehatan ini menjadi final tes.
doakan saya bisa lolos sampe tahap akhir yaaa sobatt :) 

yah, mungkin cukup sekian pengalaman yg bisa saya share gan.  semoga dapat bermanfaat bagi pembaca yg akan mengikuti tes MedRep kalbe farma selanjutnya.
tidak lupa juga saya meminta maaf apabila ada kata-kata yg lebay, maklumin saya masih muda :D
see you next post guys :*

22 comments:

  1. mas,saya juga tes di kalbe,tinggal tunggu mcu,mas sudah penempatan?ada wa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketauan kandas di mcu nya gmn ka?soalnya saya kemaren baru mcu tp blm ada info lagi

      Delete
  2. gimana mas udah panggilan mcu,saya juga udah tes 2 minggu kemarin belum ada panggilan.

    ReplyDelete
  3. Berapa lama mas dari mcu ke hasil selanjutnya mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya 2 minggu setelah hari pelaksanaan tes gan. pantengin aja sosmednya kalbe

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mas saya ada panggilan dari kalbe, apa cewek ga masalah gt mas jadi MR, setau saya kebanyakan cowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah kok gan, barengan saya yg lolos kemaren juga banyak cewenya. ambil aja kalo ada kesempatannya

      Delete
    2. Maaf tanya nya aga nyeleneh. Pas mcu itu yg diperiksa seluruh tubuh apa ga ya??? Terima kasih

      Delete
  6. Wah thanks but tulisannya mas, saya besok tes doanya semoga lolos

    ReplyDelete
  7. Saya dpt panggilan tes dikalbe tp gg diberitahukan memakai baju apa,kira kira pakai baju apa gan ?

    ReplyDelete
  8. Mas gimana sih caranya ngelamar di pt kalbe? Saya lulusan S1 Farmasi. Apa bisa dftr jd medrep juga?

    ReplyDelete
  9. Agan ikut mcu atau ga ga? Kata temen kalau dah ikut mcu kemungkinan besar lolos

    ReplyDelete
  10. Tgl 22 aku tes.mohon doanya☺

    ReplyDelete
  11. mau nnyk mas apakah buta warna parsial mempengaruhi kerja sebagai medical representative?

    ReplyDelete
  12. Saya baru ikut interview kalbe, ibu hrd nya bilang, nunggu 2minggu..
    Nah teman sy yg tes juga hari ini ternyata, selesai interview..dia langsung psikotes..
    Apakah artinya sy tidak lolos?
    Mohon pencerahannya bagi yg tahu..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya besok interview secara daring. yg sebelumnya interview hrd tgl 15 juli 2020

      Delete
  13. Gan MCU apa saja yang diperiksa??

    ReplyDelete
  14. Cool and I have a keen give: Where To Buy Houses That Need Renovation house renovation london

    ReplyDelete